10 Tempat Wisata Paling Diminati Di Pacitan Jawa Timur

Pacitan merupakan sebuah kabupaten yang terletak di Provinsi Jawa Timur. Pacitan sendiri terkenal memiliki berbagai tempat wisata yang menarik, terutama objek wisata pantai yang memiliki daya tarik tersendiri. Tidak jarang kalangan pelajar, mahasiswa maupun orang tua memilih Kabupaten Pacitan sebagai destinasi wisata untuk menikmati liburan mereka, bahkan turis mancanegara pun sudah banyak ditemui disana. Berikut saya merangkum 10 tempat wisata pilihan yang ada di Kabupaten Pacitan.


1) Pantai Klayar



Pantai Klayar memiliki pasir putih dan air laut yang jernih, tentu saja menjadi pemikat bagi setiap orang yang berkunjung kesana. Selain banyak batu karang, di sekitar Pantai Klayar juga dikelilingi bukit hijau yang menambah kesan alam yang harmonis. Pantai ini terletak di Desa Kala, Kecamatan Donorejo, Pacitan, Jawa Timur dan berjarak 34 kilometer dari pusat kota Pacitan. Di Pantai ini juga sudah terdapat beberapa fasilitas yang memadai seperti mushola, toilet, ruang bilas dan warung warung makan. Bahkan di sekitar Pantai Klayar juga terdapat penginapan/homestay dengan harga yang cukup murah yaitu 100.000-200.000 per malam. Untuk tiket masuk, di hari biasa Rp.5000/orang dan weekend Rp.10.000/orang ditambah biaya parkir Rp.2000/motor & Rp.5000/mobil. 


2) Goa Gong


Tempat wisata yang satu ini sudah cukup lama populer di kalangan masyarakat luas. Nama tempat wisata ini adalah Goa Gong. Goa Gong memiliki keunikan tersendiri dan berbeda dari goa goa pada umumnya. Salah satunya warna warni lampu yang ada di dalam goa dan memiliki panjang sekitar 260 meter. Stalaktit dan stalakmit yang beraneka bentuk menambah keindahan goa ini. Di dalam Goa Gong juga memiliki beberapa ruangan unik, diantaranya Ruang Sendang Bidadari, Ruang Bidadari, Ruang Kristal dan Marmer, Ruang Pertapaan dan Ruang Batu Gong. Selain itu di dalam goa ini terdapat beberapa mata air, yaitu Sendang Jampi Rogo, Sendang Panguripan, Sendang Relung Jiwo, Sendang Kamulyan dan Sendang Relung Nisto. Goa Gong ini terletak di Desa Bomo, Kecamatan Punung, Pacitan, Jawa Timur dan berjarak sekitar 37 kilometer dari pusat kota Pacitan. Disana anda bisa menyewa beberapa fasilitas yang disediakan seperti senter Rp.5000 dan guide Rp.30.000. Untuk biaya masuk cukup terjangkau yaitu Rp.5000/orang ditambah biaya parkir Rp.2000/motor & Rp.5000/mobil. Disekitar goa juga terdapat beberapa homestay, bagi Anda yang datang dari jauh tidak perlu khawatir jika ingin bermalam di Pacitan. 


3) Pantai Banyu Tibo


Seperti namanya Pantai "Banyu Tibo" yang artinya "Air Jatuh". Pantai yang satu ini memiliki keunikan daripada pantai pantai pada umumnya, yaitu ditepi pantai terdapat air terjun yang berasal dari mata air perbukitan disekitar pantai. Tidak heran jika pantai ini selalu ramai pengunjung wisatawan lokal maupun asing terutama pada hari libur. Selain dikelilingi tebing tebing yang khas, Pantai Banyu Tibo memiliki pasir putih dan air yang amat jernih. Konon katanya, air terjun di pantai ini tidak pernah mengering walaupun itu di musim kemarau. Selain menikmati aura pantai dan airnya, disana Anda juga bisa memancing dari atas tebing atau biasa disebut rock fishing. Tidak hanya itu, Anda juga bisa menikmati surfing di pantai ini. Pantai ini terletak di Desa Widoro, Kecamatan Donorejo, Pacitan, Jawa Timur dan berjarak sekitar 36 kilometer dari pusat kota Pacitan. Tiket masuk pantai ini cukup bersahabat, yaitu Rp 5000/orang dan biaya parkir Rp.2000/motor & Rp.5000/mobil. Di sekitar pantai juga terdapat beberapa warung makan serta fasilitas lain seperti toilet, kamar bilas dan mushola kecil. 


4) Sungai Maron


Destinasi wisata ini cukup berbeda dengan yang lain, biasanya di Pacitan terkenal dengan pantai dan goa yang indah. Ternyata di Pacitan juga terdapat sungai yang cukup menggugah selera wisatawan, yaitu Sungai Maron. Sungai ini memiliki kedalaman dari 4 meter hingga 20 meter dari bagian yang terdalam. Uniknya, sungai ini banyak dihuni ikan kakap merah dan memiliki air yang begitu jernih ditambah pepohonan  hijau yang mengelilingi sungai ini, tentu menambah panorama alam yang tenang dan sejuk bagi setiap orang yang berkunjung kesana. Sungai ini kerap disebut Sungai Amazon ala Indonesia. Untuk menyusuri sungai ini, Anda harus menyewa perahu yang disediakan. Satu perahu bisa ditunggangi oleh 6 pengunjung. Harga sewa perahu bervarian yaitu Rp.100.000 - Rp.150.000 tergantung kondisi perahu. Setiap tahunnya, di sungai ini diadakan lomba dayung perahu dan water tubing. Lokasi Sungai Maron berada di Desa Darsono, Kecamatan Pringkuku, Pacitan, Jawa Timur. Untuk tiket masuk ke wahana ini sangat murah, yaitu Rp.2000/orang di hari biasa dan Rp.4000/orang di hari libur. 


5) Pantai Srau


Pantai Srau memang tidak sepopuler Pantai Klayar. Tapi pantai ini juga memiliki keindahan tersendiri yang cukup menghibur dan menenangkan, salah satunya bongkahan tebing batu yang membentuk seperti jembatan. Next, Pantai Srau juga tidak jauh berbeda dengan Pantai Klayar, pantai ini dikelilingi bukit hijau, memiliki air jernih dan pasir putih bersih. Pantai ini terkenal memiliki sunset yang sangat indah, karena lokasi nya yang strategis. Pantai ini juga biasa digunakan untuk camping, diving dan surfing bagi siapa saja wisatawan yang berkunjung. Di pantai ini juga sudah terdapat beberapa fasilitas seperti mushola, toilet, gazebo dan warung makan di pinggir pantai. Untuk lokasi Pantai Srau berada di Desa Candi, Kecamatan Pringkuku, Pacitan, Jawa Timur. Dan harga tiket masuk Rp.5000/orang dan biaya parkir Rp.2000/motor & Rp.5000/mobil. 


6) Pemandian Air Hangat "Tirto Husodo" 


Destinasi wisata kali ini cukup berbeda dengan yang sebelumnya, yaitu pemandian air hangat Tirto Husodo. Tempat wisata ini selalu ramai pengunjung terutama dihari libur. Sangat cocok untuk Anda yang berlibur bersama keluarga. Air hangat di pemandian ini dipercaya dapat menyembuhkan beberapa penyakit dan merupakan terapi alami bagi kesehatan kulit tubuh. Air disana bersumber dari mata air murni perbukitan dan pegunungan disekitar wahana. Uniknya, air disana tidak mengeluarkan bau belerang yang menyengat seperti pemandian alami pada umumnya karena rendahnya zat kapur dan zat belerang yang ada disana. Di pemandian Tirto Husodo ini terdapat 4 buah kolam, 10 kamar mandi serta 2 buah villa. Disana juga terdapat berbagai fasilitas seperti penyewaan baju renang, kacamata renang, pelampung dan lain lain. Di sana juga ada toko yang menjual khusus makanan & minuman khas Pacitan. Lokasi pemandian ini terletak di Desa Karangrejo, Kecamatan Arjosari, Pacitan, Jawa Timur dan berjarak hanya sekitar 15 kilometer dari kota Pacitan. Untuk tiket masuknya Rp. 3500/orang ditambah biaya parkir Rp.2000/motor & Rp.4000/mobil. Dan jika Anda ingin bermalam di villa, harganya cukup terjangkau yaitu Rp.50.000-Rp.100.000 per malam. 


7) Monumen Jendral Sudirman


Monumen Jendral Sudirman ini merupakan objek wisata bersejarah di Pacitan. Monumen ini dibangun untuk mengenang perjuangan Jendral Sudirman. Patung Jendral Sudirman berdirih kokoh dengan tinggi sekitar 8 meter. Tidak hanya monumen yang ada disana, tetapi juga markas yang dulu sering dipakai Jendral Sudirman saat melakukan perang gerilya melawan penjajah Belanda. Di markas atau rumah beliau sekarang sudah ada beberapa fasilitas seperti perpustakaan, cafetaria, ruang resepsionis, ruang audio visual dan juga lapangan. Disana Anda juga akan melihat relief relief yang terbuat dari perunggu. Hampir setiap bentuk bangunan disana memiliki nilai sejarah tersendiri yang berkaitan dengan perjuangan Jendral Sudirman. Di sore hari ketika Anda berkunjung kesana, Anda akan melihat sunset yang begitu anggun. Lokasi monumen ini terletak di Desa Sobo, Kecamatan Pakisbaru, Pacitan, Jawa Timur dan berjarak sekitar 34 kilometer dari pusat kota Pacitan. Jika Anda berkunjung kesana, tidak dikenakan biaya sedikitpun. Karena memang selain sebagai objek wisata, monumen ini juga diharapkan bisa menambah wawasan pendidikan bagi pengunjung terutama dalam sejarah bangsa Indonesia. 


8) Pantai Watu Karung


Pantai yang satu ini terkenal dengan ombak yang cukup besar namun bersahabat. Sehingga Pantai Watu Karung ini sering digunakan oleh wisatawan untuk diving dan surfing. Ditambah air jernih, pasir putih dan tebing yang mengelilingi pantai ini, tentu menambah eksotisme tersendiri. Pantai ini pernah didatangi peselancar terkenal dunia yaitu Bruce Irons di tahun 2018 kemarin. Di Pantai Watu Karung sudah terdapat beberapa fasilitas seperti penyewaan alat diving dan surfing, rest area, kamar bilas serta warung warung makan ditepi pantai.Pantai ini juga kerap dijadikan objek camping bagi wisatawan. Untuk lokasi pantai ini berada di Desa Limasan, Kecamatan Watukarung, Pacitan, Jawa Timur dan berjarak sekitar 39 kilometer dari pusat kota Pacitan. Tiket masuk ke pantai ini kabarnya masih gratis, hanya dikenakan biaya parkir Rp.2000/motor & Rp.5000/mobil. 


9) Goa Tabuhan


Asal usul nama Goa Tabuhan berasal dari kata "tabuh" yang artinya menabuh/membunyikan alat musik pukul. Goa Tabuhan ini terbentuk secara alami dan konon goa ini memiliki mitos misteri. Di samping itu, goa ini pernah diliput di acara tv "on the spot" dengan tema goa bermitos misteri. Disebut memiliki mitos misteri karena ada beberapa sendang di dalam goa yang memiliki nilai magis. Di Goa Tabuhan ini terdapat beberapa sendang, antara lain Sendang Ruang Bidadari, Sendang Ruang Kristal, Sendang Ruang Marmer dan Sendang ruang yang sering digunakan untuk mengadakan tarian tradisional daerah Pacitan. Karena di goa ini kerap diadakan tarian tradisional daerah seperti Tarian Banteg Wareng dari Pacitan. Selain mata air yang jernih dan lampu lampu goa, pesona stalagtit dan stalagmit yang menghiasi dinding goa menambah nilai eksistensi tersendiri. Uniknya, stalagtit dan stalagmit di dalam Goa Tabuhan jika dipukul dengan irama akan mengeluarkan bunyi seperti gamelan yang tidak dimiliki oleh goa pada umunya, tentu dibutuhkan orang yang terampil untuk melakukannya. Untuk lokasi Goa Tabuhan terletak di Desa Wareng, Kecamatan Punung, Pacitan, Jawa Timur. Biaya tiket masuk wisata ini yaitu Rp.10.000/orang dan biaya parkir Rp.2000/motor serta Rp.5000/mobil.


10) Pantai Taman


Dan destinasi wisata pilihan yang terakhir adalah Pantai Taman. Pantai ini hampir sama dengan Pantai Klayar, Pantai Banyu Tibo maupun Pantai Srau. Yakni memiliki air yang cukup jernih, pantai pasir putih dan bukit yang hijau. Namun ada yang berbeda di Pantai Taman ini, pantai ini menyediakan wahana tambahan yaitu Flying Fox dan Konservasi Penyu. Flying Fox disana memiliki panjang 415 meter dengan ketinggian sekitar 74 meter. Untuk bisa menikmati wahana ini, Anda harus mengeluarkan biaya sebesar Rp.30.000/orang, menurut saya tidak terlalu mahal. Lokasi pantai ini terletak di Desa Ngadirojo, Kecamatan Pacitan, Pacitan, Jawa Timur. Untuk tiket masuk ke wisata ini yaitu Rp.10.000/orang untuk hari biasa maupun hari libur dan ditambah biaya parkir Rp.2000/motor dan Rp.5000/mobil.

Diatas adalah 10 objek wisata pilihan yang ada di Pacitan, menurut saya. Setelah membandingkan dengan beberapa objek wisata yang ada. Bukan berarti objek wisata yang lain memiliki keindahan yang minimalisi.

Sekian artikel dari saya dan terimakasih. Selamat berlibur sob!
































Komentar

Posting Komentar

Artikel Populer

Perawatan Rutin Motor Ninja 150 R/RR/SS (2 tak)

5 Jenis Tembakau Lokal Yang Cocok Untuk Para Lingtingers

Penemuan Wajan Raksasa Kuno di Kutoarjo

Situs Film Terbaru dan Terpercaya Dijamin Valid 100%