Perawatan Rutin Motor Ninja 150 R/RR/SS (2 tak)




Ninja R

Ninja RR


Ninja SS


Hello rider motor nusantara! Di artikel kali ini saya akan bahas tentang perawatan rutin motor ninja 150 R/RR/SS 2 tak. Jarang jarang kan saya bahas motor di blog saya wkwk. Bukan berarti baru sekarang bisa naik motor ya, cuma lagi pingin saja dan kebetulan saya juga pake si ninin buat aktifitas sehari hari. Saya pake ninja 150 R tahun 2012 warna putih hitam, penampakannya lihat di foto paling atas bro hehe. Si ninin ini saya pake buat keseharian seperti kuliah & main. Kalo boleh tau, apa si kesan kalian saat pertama kali dengar motor ninja 150cc? Boros BBM? Kecepatan? Modisnya? Garangnya? atau yang lainnya? Sepengalaman saya pake motor ini, soal boros itu BBM itu lumayan ya karena basicnya 2 tak, relatif juga sih tergantung pemakaian kita sehari-hari. Kalo bicara soal kecepatan saya akui untuk motor ini di kelasnya. Apalagi kalo mesin sudah portingan dan pake knalpot racing pasti lebih ngejambak lagi tarikannya. Tapi itu semua tergantung selera, kalo saya lebih suka standar ya tambah variasi-variasi sedikit lah, soalnya dana juga terbatas wkwk. Yang perlu kalian tahu, si Ninja 2 tak ini bukanlah motor yang manja yang suka apel ke bengkel. Perawatan rutinnya pun simple kok, asal oli samping selalu terisi dan dan servis terjadwal motor ini akan sehat. Yuk langsung aja kita basa basi apa aja sih perawatan rutin yang harus dilakukan pada motor Ninja R, RR maupun SS. Karena tiga type motor buatan kawasaki tidak beda jauh & memiliki cc yang sama yaitu 150cc.

1. Cek Oli Samping Secara Berkala pada Motor Ninja Anda




Bagian pertama yang harus Anda perhatikan dari si ninin ini adalah oli samping. Jangan sampai motor Anda kehabisan oli samping, karena akan sangat berbahaya bagi mesin ninja Anda. Bayangkan saja, mesin motor Anda bekerja tanpa pelumas, komponennya lama lama akan rusak pastinya. Minimal lakukan cek 5-7 hari sekali. Oli samping untuk Ninja 150cc yang masih standar tidak terlalu boros menurut se pengalaman saya, tapi kurang tahu jika motor sudah di modif sedemikian rupa. Selama ini, saya menggunakan oli samping idemitsu. Kualitasnya lumayan bagus, baunya pun bisa terbilang wangi. Untuk harga olsam idemitsu sekarang sekitar Rp.45.000 sampai Rp.55.000 1 botol yang isinya 1 liter. Kalau ingin lebih jos lagi saya sarankan Anda menggunakan oli motul, ada harga ada kualitas.

2. Cek Kesehatan Superkips Pada Motor Ninja Anda



Yang kedua ini juga tidak kalah penting peranannya untuk menunjang performa motor Anda agar tetap nyaman untuk di kendarai. SuperKIPS merupakan singkatan dari Super Kawasaki Integrated Powervalve System. Superkips ini adalah sistem buka tutup katup pada RPM tinggi agar gas pembuangan sempurna. KIPS akan bekerja pada RPM diatas 7.000. Inilah mengapa alasannya Ninja 150cc sering dikaitkan memliki kecepatan super atau disebut raja jalanan. Superkips ini berperan seperti turbo pada motor, sehingga top speed pada motor ninja bisa sampai pada kecepatan diatas 150km/h. Wow ! Namun, dibalik itu semua superkips juga butuh perhatian khusus. Jika superkips kotor atau berkerak maka performa mesin akan turun biasanya mbrebet pada RPM tinggi, hal itu disebabkan karena superkips dalam posisi aktif namun tidak bekerja atau macet. Untuk menghindari hal semacam itu tidak sulit. Saat motor dipanaskan dan posisi gigi netral, geber motor hingga diatas RPM 7.000 berkali kali. Akan keluar asap putih, namun jangan khawatir asap tersebut merupakan kotoran dari sisa sisa pembakaran yang ada di mesin dan juga superkips. Lalu, saat Anda berkendara sekali kali lakukan penetrasi pada ninja Anda dengan gaspol pada RPM diatas 7000. Dengan itu, kerak yang menempel pada kips motor Anda akan hilang dan superkips Anda kembali bersih dan normal. Catatan khusus, lakukan geber motor dengan melihat situask dan kondisi, jangan asal geber karena bisa menimbulkan gangguan untuk orang disekitar Anda hehe.

3. Perhatikan Oli Mesin pada Motor Ninja Anda


Yang ketiga, perhatikan kondisi oli mesin pada motor ninja Anda. Ganti oli mesin pada jarak tempuh yang telah ditentukan. Biasanya kebanyakan orang mengganti oli mesin si ninin di setiap jarak tempuh 3000-4000 km atau rata rata 3 bulan sekali untuk pemakaian normal. Saya pribadi, mengganti oli samping setiap jarak tempuh 4000 km. Dan oli samping yang saya gunakan adalah merk Motul atau Shell khusus 2 tak. Kondisi oli mesin untuk ninja sendiri tidak perlu terlalu dicemaskan, karena masih terbantu adanya oli samping. Mengganti oli samping bisa Anda lakukan sendiri di rumah. Hal paling mudah sebagai patokan oli mesin yaitu jika mesin mudah overheat berarti oli mesin sudah minta diganti yang baru. Muatan oli mesin ninja yaitu 0,8 liter sedangkan jika beli satu botol berisi 1 liter. Sisanya bisa Anda simpan jangan dipaksakan di masukkan semua karena bisa luber dan oli bisa menetes dari celah celah mesin. 

4. Bersihkan Karburator Secara Berkala pada Motor Ninja Anda


Selanjutnya, yang harus Anda perhatikan adalah karburator motor Anda. Biasanya jika suara mesin sudah agak kasar dan gas agak berat berarti karburator motor Anda kotor. Jika Anda memiliki peralatan cukup, cairan bensin dan  Carb Cleaner (Cairan semprot pembersih karbu) Anda bisa melakukannya sendiri tanpa harus dibawa ke bengkel. Tapi saya tidak punya peralatan, dan mau nggak mau jika servis karbu motor saya bawa ke bengkel. Untuk biaya pembersihkan karbu beserta superkips biasanya sekitar Rp.50.000 sampai Rp.70.000 tergantung bengkel dan daerah masing masing. Tapi saya sarankan, jika ingin membersihkan karbu lebih baik ke bengkel yang terpercaya agar performa motor tetap terjaga dan stelan gas karburator tidak sembarangan. 

5. Perhatikan Kampas Kopling pada Motor Ninja Anda


Yang terakhir, perhatikan kampas kopling pada motor Anda. Selain menimbulkan selip kopling, habisanya kampas kopling berpengaruh pada tenaga ninin Anda. Karena kampas yang habis tidak lagi bisa menghantarkan tenaga yang semestinya dari mesin ke transmisi perseneling.  Biasanya, rider 2 tak ini mengganti kampas kopling setiap 6 bulan sekali tergantung pemakaian. Sama seperti saya, jika sering terjadi selip kopling dan tarikan gas agak telat, sudah dipastikan kampas kopling minta diganti. Untuk harga kampas kopling satu set (5 lembar) original kawasaki dibanderol sekitar Rp.400.000 hingga Rp.450.000 atau Rp.80.000 per lembar. Namun jangan khawatir, ada solusi lain agar biaya yang dikeluarkan tidak terlalu mahal. Yaitu menggunakan kampas kopling milik Scorpio Z yang memiliki kemiripan 90% dengan kampas kopling milik kawasaki sendiri. Harga satu set kampas kopling milik scorpio z dibanderol kisaran Rp.135.000 sampai Rp.150.000. Cukup murah kan? Mungkin hanya beda di masa pemakaian, tentu kampas kopling ori kawasaki lebih tahan lama dan kualitasnya lebih baik.


Diatas merupakan 5 perawatan terpenting berkala pada motor ninja Anda menurut saya pribadi. Tentu masih ada banyak hal yang harus diperhatikan dari si ninin ini, seperti kampas rem, minyak rem, kondisi knalpot, kondisi shock depan, shockbeaker, ban bagian luar dan masih banyak lagi. Tapi menurut saya, lima hal diatas merupakan komponen paling penting yang harus kita perhatikan untuk pemakaian motor Ninja 150 cc sehari hari. Siapapun dan dimanapun Anda, bersyukurlah jika Anda memiliki motor 2 tak besutan kawasaki ini. Karena sejak tahun 2015 motor ini tidak lagi diproduksi dan kemungkinan akan menjadi motor antik dan incaran para kolektor di tahun tahun yang akan datang. Terima kasih sudah membaca, kurangnya mohon dimaafkan dan lebihnya merupakan karunia dari Allah SWT. Salam 2 tak sampai tua!


















Komentar

  1. Saran dari gua bang🙏 latar belakang nya jngan di bikin item, Sumpah puyeng gua baca nya,, Makasih🙏😁

    BalasHapus
  2. Oli mesin merek apa om yg bagus buat ninja ss 150 om..

    BalasHapus
    Balasan
    1. yang plg oke ya castrol bang, tp saya pake idemitsu yg standar

      Hapus

Posting Komentar

Artikel Populer

Situs Film Terbaru dan Terpercaya Dijamin Valid 100%

5 Jenis Tembakau Lokal Yang Cocok Untuk Para Lingtingers

Warung Kopi Merapi "Kopmer" Jogja