10 Bisnis Sampingan Yang Cocok Bagi Mahasiswa







Siapa sih di era jaman now yang nggak mau dapet uang tambahan meski masih berstatus mahasiswa? Di tahun 2017 ini, teknologi informasi dan komunikasi berkembang sangat pesat seiring kemajuan jaman. Namun bagi orang yang berpikir, dari kemajuan teknologi saat ini bisa dimanfaatkan untuk meraup rupiah walaupun masih bersekolah/mahasiswa bahkan tanpa modal sekalipun. Meskipun hanya separuh waktu, karena kita (mahasiswa) juga harus memikirkan jenjang karir kita, bukan berarti keuntungan yang kita dapat dari usaha sampingan relatif sedikit. Asalkan kita ada niat dan tidak cepat puas, insyaAllah usaha yang kita bina akan menjadi jalan rejeki kita.

Berikut usaha sampingan yang cocok bagi mahasiswa :


  • Jasa Penulisan/Pengetikan

Bagi Anda yang hobi menulis juga membaca, bisnis ini sangat cocok untuk Anda. Anda bisa mendapatkan jasa penulisan/pengetikan ini dari situs online atau dari lembaga tertentu. Setelah Anda selesai menulis/mengetik, Anda bisa mempromosikan hasil karya Anda di media sosial atas izin dari yang berwenang, dari sini Anda bisa mendapat nilai plus bahkan pelanggan.
berikut beberapa situs online yang bersangkutan :
http://jasaketikin.com/
http://www.rajatulis.com/jasa-pengetikan-online


  • Berjualan Pulsa 

Bisnis yang satu ini sudah terbukti diminati banyak orang. Anda hanya diwajibkan untuk bisa mengoperasikan smartphone, karena bisnis ini hanya perlu menggunakan smartphone. Meskipun margin keuntungan hanya berkisar Rp 1.500 - Rp 5.000 per transaksi, jika Anda mampu menjual pulsa ke 20 atau lebih teman Anda perhari, lumayan juga keuntungannya. Dari sini kita bisa tahu, untuk bisnis ini kita harus bisa menarik pelanggan sebanyak-banyaknya dan satu lagi, usahakan tidak menerima bon/utang.

  • Desain Grafis

Bisnis ini sangat cocok bagi Anda yang ahli dalam bidang desain grafis & teknologi. Era sekarang, tidak sedikit orang yang membutuhkan tenaga untuk bidang ini. Misalnya desain kaos, lukisan/anime, kartu nama, surat undangan dan masih banyak lagi. Anda juga bisa mempromosikan hasil desain ke media sosial agar mendapat relasi ataupun pelanggan.
berikut beberapa situs online yang bersangkutan :
https://zannoism.com/
http://merdekastudio.com/desain-grafis/

  • Menjual Barang Bekas Berkualitas

Anda juga bisa menjual barang bekas ke orang lain asalkan barang yang Anda tawarkan dalam kondisi layak pakai/berkualitas. Untuk bisnis ini, Anda harus bisa mencari produsen yang terpercaya dan tentunya memiliki hubungan baik dengan Anda. Anda bisa menjual barang bekas seperti handphone, laptop, komputer/monitor, kaos, sepatu, buku dan sebagainya. Sekarang juga banyak situs jual beli online, jadi Anda tidak perlu pusing untuk memposting barang jualan Anda.

  • Guru Les Privat

Lain daripada yang lain, bisnis ini Anda harus memiliki ketekunan, kesabaran serta ilmu yang memadai. Anda bisa menjalankan usaha ini di daerah Anda tinggal, seperti guru les panggilan dari rumah ke rumah ataupun di lembaga tertentu. Dalam usaha ini, tidak hanya uang yang kita dapatkan, tapi juga pahala.

  • Servis Alat Elektronik

Anda banyak tahu tentang alat elektronik atau memiliki keahlian dibidang tersebut? Anda harus mencoba bisnis yang satu ini. Anda bisa membuka jasa servis handphone, laptop/komputer, speaker, cpu, printer dan lain lain yang berhubungan dengan alat elektronik. Dibidang ini, Anda harus tau persis tentang alat alat elektronik untuk menghindari kesalahan fatal saat mencoba memperbaiki. Anda juga harus paham tentang hardware dan software. Ini merupakan usaha yang cukup santai dan bisa dilakukan di tempat tinggal Anda.

  • Menjadi Youtuber / Blogger

Bisnis ini merupakan usaha yang favorit di tanah air terutama para anak muda. Dengan Youtube, Anda harus bisa mengupload video yang menarik, terbaru serta usahakan diri Anda terlibat di video tersebut. Karena dengan itu Anda bisa mendapat banyak subscriber sehingga views untuk video Anda banyak. Di Youtube, 1.000 views dihargai $1. Asal Anda rutin upload dan promosi akun Youtube Anda, keuntungan Anda akan semakin banyak dan Anda bisa mendapat popularitas seperti Youtubers tanah air sekarang. Untuk blogger, usahakan artikel yang Anda buat menarik, asli (bukan hasil copas), tulisan mudah dipahami serta ada link penghubung antar artikel. Blog Anda akan bisa meraup rupiah setelah diterima oleh pihak Google Adsense. Google Adsense tidak begitu saja menerima blog yang Anda kelola, mereka memiliki berbagai persyaratan yang harus Anda penuhi. Tenang, persyaratannya tidak terlalu susah dan Anda pasti bisa. Jadi pilih youtuber/blogger? Atau dua duanya itu terserah Anda.

  • Membuat Aplikasi

Peluang usaha ini Anda diwajibkan memiliki keahlian dalam bidang programming serta web desain. Anda bisa membuat aplikasi untuk PC maupun smartphone, asal aplikasi yang Anda buat unik, menarik dan seimbang dengan perkembangan teknologi saat ini. Anda tidak perlu khawatir setelah selesai membuat aplikasi, aplikasi yang Anda buat bisa dijual melalui e-book, media online, playstore, appstore dan sebagainya. Upah Anda tergantung berapa banyak user yang mendownload aplikasi Anda. Anda juga menggratiskan aplikasi yang Anda buat tetapi tetap mendapat upah, yaitu dengan memasang iklan di aplikasi Anda tentunya Anda harus bekerjasama dengan jasa periklanan online.
berikut beberapa situs online yang bersangkutan :
http://beriklan123.com/
http://essiitech.com/jasa-periklanan-digital

  • Jasa fotografi & Videografi

Bagi Anda yang ahli dalam bidang fotografi dan videografi tentunya harus bisa mengendalikan kamera seperti DSLR, Mirrorless, Go Pro dan sebagainya. Untuk menyalurkan bakat sekaligus usaha Anda ini, Anda bisa bergabung di komunitas online yang ada, dari situ Anda bisa mendapatkan panggilan job dan upah. Atau Anda juga bisa mengupload hasil karya Anda di akun media sosial Anda seperti twitter, instagram, facebook dan lain lain untuk mendapat tawaran dari orang yang menyukai foto dan videografi Anda.


  • Bisnis Online Shop

Nah, bisnis yang terakhir ini juga familiar ditelinga kita. Banyak kalangan mahasiswa/pelajar yang bergelut di bidang bisnis ini, terutama perempuan. Biasanya mereka menawarkan barang-barang kosmetik, jilbab (kerudung), baju, rok, tas dan sebagainya. Jangan salah, pria pun juga bisa bergelut dengan bisnis ini, misal dengan menjual sepatu running, flanel, celana jeans, gelang, kaos kaki, jaket, sweater dan lain lain. Tentunya dalam kondisi baru dan bahannya bagus. Anda bisa mempromosikan bisnis online shop Anda di akun sosial media Anda misal facebook, whatsapp, line, bbm, instagran, twitter dll. Atau Anda juga bisa bergabung di komunitas online shop untuk mendapat order & pelanggan.


Diatas merupakan macam-macam usaha/bisnis sampingan yang bisa Anda lakukan tentunya untuk para mahasiwa yang butuh uang tambahan. Namun Anda harus tahu, resiko dari masing-masing bisnis sehingga Anda bisa benar-benar berpikir matang sebelum menjalankan bisnis tersebut. Untuk mahasiswa, jangan jadikan bisnis sebagai prioritas Anda, tetaplah fokus untuk mencari ilmu dan wisuda tepat waktu. Semoga kesuksesan selalu menyertai kita !



















Komentar

Artikel Populer

Perawatan Rutin Motor Ninja 150 R/RR/SS (2 tak)

5 Jenis Tembakau Lokal Yang Cocok Untuk Para Lingtingers

Penemuan Wajan Raksasa Kuno di Kutoarjo

Situs Film Terbaru dan Terpercaya Dijamin Valid 100%