10 Tempat Wisata Mantap dan Nagih di Semarang

1. Candi Gedong Songo


Candi Gedong Songo ini terletak di Desa Candi, Bendungan,Semarang. Candi ini berada di ketinggian sekitar 1.200 mdpl sehingga kita bisa melihat sebagian kota Semarang dari atas dan suhu disana pun juga cukup dingin. Candi Gedong Songo juga menjadi tempat wisata yang ramai pengunjung baik wisatawan lokal maupun asing. Candi Gedong Songo merupakan situs bersejarah peninggalan umat Hindhu di Indonesia. Candi ini berjarak sekitar 25 Km dari pusat kota Semarang. Candi ini merupakan tempat ideal jika Anda ingin melihat langsung sunset. Untuk harga tiket,  wisatawan lokal Rp.6.000 & Rp 50.000 untuk wisatawan asing.

2. Lawang Sewu



Tempat wisata yang satu ini sudah cukup populer di kalangan masyarakat lokal bahkan luar negeri. Seakan Lawang Sewu sudah menjadi simbol dari Kota Semarang. Tempat ini dulunya digunakan sebagai kantor (Kantor Pusat NIS) pemerintah Belanda pada masa penjajahan bangsa Belanda. Lawang Sewu sering dikaitkan dengan cerita mistis di Indonesia, bahkan tidak jarang produser film-film horror memilih tempat ini sebagai lokasi. Jangan heran, Lawang Sewu juga biasa digunakan untuk Prewedding. Lawang sewu buka setiap hari dari pukul 06.00-18.00 WIB. Tiket masuknya Rp.10.000 ditambah Rp.30.000 jika masuk ke ruang bawah tanah.

3. Brown Canyon


Brown Canyon merupakan lokasi penambangan tanah yang terletak di Mateseh, Tembalang, Semarang. Tempat ini juga sering disebut-sebut mirip dengan Grand Canyon di Amerika Serikat. Jika ingin berkunjung, sebaiknya lewat dari jam 16.00 WIB ketika sudah tidak ada jam kerja, jadi Anda tidak perlu repot-repot membawa masker dan pengaman lainnya. Selain itu, disarankan jika ingin menjangkau tempat ini, gunakanlah kendaraan yang normal dan benar-benar fit karena jalan menuju tempat ini cukup ekstrim. Perorang hanya dikenai biaya Rp.2000 & kendaraan bisa langsung masuk karena belum ada tempat parkir resmi.

4. Air Terjun Kalipancur


Kawasan wisata Air Terjun Kalipancur ini terletak di Desa Nogosaren, Getasan, Semarang. Air terjunnya memiliki tinggi sekitar 100 meter. Untuk bisa sampai lokasi, Anda harus menempuh jarak 900 meter dari pemukiman warga, tetapi tenang sudah ada fasilitas yang membantu seperti tangga dan pengaman lainnya. Tempat wisata ini berjarak 14 Km dari kota Salatiga yang lebih dekat jika dibandingkan dengan Pusat Kota Semarang. Anda bisa menghilangkan stres dengan bermain air dan melihat pemandangan sekeliling yang masih sangat asri. Harga tiket masuk hanya Rp.3000/orang. 

5. Pantai Marina


Pantai Marina merupakan objek rekreasi yang berada di Kota Semarang. Pantai ini memiliki pemandangan yang segar dan eksotis, sangat cocok jika Anda ingin bersantai bersama keluarga maupun teman. Pantai Marina hanya berjarak 4 Km dari Tugu Muda dan bersebelahan dengan Bandara Ahmad Yani. Tempat ini buka untuk umum 24 jam karena sering juga digunakan untuk camping. Disana juga terdapat penyeweaan perahu dan ban untuk berenang. Ombak disana cukup tenang sehingga tidak ada larangan untuk menikmati bermain air disana. Di Pantai ini juga terdapat kebun buah naga. Untuk tiket masuk, setiap orang wajib membayar Rp.5000 yang tentuny sangat terjangkau. 

6. Masjid Agung Jawa Tengah


Masjid Agung Jawa Tengah ini merupakan kawasan wisata religi yang terleta di Sambirejo, Gayamsari, Semarang. Masjid ini diresmikan oleh Presiden SBY pada tanggal 14 November 2006. Pembangunan MAJT sendiri di arsitekturi oleh Ir. H. Ahmad Fanani dari PT. Atalier Enam Jakarta. MAJT dirancangan dengan gaya arsitektural campuran antara Jawa, Islam & Romawi. Masjid ini memiliki 4 menara dan 25 pilar di pelataran luar masjid. MAJT juga memiliki koleksi Al-Qur'an raksasa yang berukuran 145 x 95 cm² yang ditulis oleh Drs. Khyatudin dan juga memiliki bedug raksasa berukuran panjang 310 cm dan berdiameter 220 cm. Tempat ini sangat disarankan untuk Anda yang ingin mengenal lebih dalam kebudayaan Islam.


7. Sam Poo Kong 


Sam Poo Kong merupakan Kuil peninggalan Tionghoa yang terletak di Simongan, Semarang. Sam Poo Kong sendiri juga dikenal dengan sebutan Kedong Batu bagi warga semarang. Tempat ini juga sudah terkenal sampai mancanegara yang kabarnya pemerintah Tiongkok menetapkan Sam Poo Kong sebagai tujuan wisata bagi wisatawan asal Tiongkok. Tempat ini cocok untuk Anda yang ingin mengenal lebih dalam budaya Tionghoa. Untuk harga tiket di area wisata saja Rp.5000/lokal, Rp.3000/anak-anak & Rp.10.000/asing sedangkan harga tiket masuk ke tempat sembahyang yakni Rp.20.000/lokal, Rp.10.000/anak-anak & Rp.30.000/asing. 

8. Wisata Alam Umbul Sidomukti


Wisata Alam Umbul Sidomukti ini terletak di Sidomukti, Bandungan, Semarang. Wisata alam ini terletak di lereng Gunung Ungaran dengan ketinggian 1.200 mdpl. Kawasan ini dilengkapi dengan fasilitas servis, seperti Outbond Training, Adrenalin Games, Camping Ground, ATV, Flying Fox, Rapeling, Marine Bridge, Pondok Wisata & Lesehan, Meeting Room serta deilengkapi 4 kolam renang yang dibatasi oleh bebatuan sehingga sangat terasa jika kita bersatu dengan alam. Untuk menjajal flying fox, Anda hanya wajib membayar Rp.20.000/orang. Ada juga paket Highest Triangle (Perpaduan 3 tantangan sekaligus yakni stick bridge, badul bridge dan magic box) hanya Rp. 40.000/orang. Wisata Alam Umbul Sidomukti sangat cocok bagi Anda jika ingin menikmati liburan dan menyatu dengan alam. Harga tiket masuk di hari biasa Rp.8000/orang & di hari libur Rp.10.000/orang. 

9. Taman Margasatwa ( Mangkang Zoo )


Kebun Binatang Semarang ini terletak di daerah Mangkang, Semarang. Kawasan ini memiliki lahan yang cukup luas yakni 9 hektar. Bonbin ini ramai pengunjung setiap harinya, baik wisatawan lokal maupun asing. Di dalam sana Anda dapat menjumpai berbagai spesies binatang bahkan yang sudah terbilang langka sekalipun. Di Taman Margasatwa ini juga dilengkapi banya fasilitas, seperti jaring laba-laba, Flying Fox, naik gajah, perahu/becak air untuk menyusuri danau buatan, kereta mini dan banyak lagi yang tentunya memiliki tarif tersendiri. Untuk tiket masuk, Anda hanya dikenakan biaya Rp.7500/orang. 

10. Hutan Pinus Kayon 


Hutan Pinus Kayon ini terletak di Desa Batur, Getasan, Semarang. Udara di kawasan wisata ini sejuk dan asri ditambah lagi pemandangan yang cukup memanjakan mata kita. Yang perlu Anda tahu, Hutan Pinus ini juga terletak di lereng Gunung Merbabu. Hutan Pinus Kayon ramai pengunjung setiap harinya, terutama para pemuda yang ingin mengabadikan momen dengan foto. Di tempat ini juga menyediakan tempat khusus untuk camping. Dengar-dengar, Anda hanya diwajibkan membayar parkir Rp.2000/motor & Rp.5000/mobil.







Komentar

Artikel Populer

Perawatan Rutin Motor Ninja 150 R/RR/SS (2 tak)

5 Jenis Tembakau Lokal Yang Cocok Untuk Para Lingtingers

Penemuan Wajan Raksasa Kuno di Kutoarjo

Situs Film Terbaru dan Terpercaya Dijamin Valid 100%