Seputar SBMPTN


SBMPTN 2016, Selamat malam sob, kali ini ketemu lagi dengan artikel saya. Jangan bosen bosen yak hehe.  Kesempatan ini saya akan menjelaskan sedikit tentang SBMPTN 2016 untuk kalian yang akan melanjutkan Perguruan Tinggi Negeri (PTN). Oke, langsung saja. SBMPTN itu apa sih? kenapa diadakan SBMPTN? Apa saja persyaratannya? Mari kita bahasa bersama. SBMPTN sendiri merupakan kependekan dari Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri. SBMPTN yaitu seleksi penerimaan mahasiswa baru melalui ujian tertulis atau kombinasi ujian tertulis dengan ujian keterampilan, pada tahun 2016 ini Majelis Rektor Perguruan Tinggi Negeri Indonesia (MRPTNI) menyelenggarakan ujian tertulis terdiri dari Paper Based Testing (PBT) dan Computer Based Testing (CBT), yang dapat diikuti oleh siswa lulusan tahun 2014, 2015, 2016 dari pendidikan menengah (SMA/MA/SMK) dan sederajat termasuk Paket C. Ujian tertulis yang terdiri dari PBT dan CBT menggunakan soal-soal ujian yang dirancang mengikuti kaidah-kaidah akademik pengembangan tes. Selain mengikuti ujian tertulis (PBT & CBT), peserta yang memilih program studi Ilmu Seni dan Keolahragaan diwajibkan mengikuti ujian keterampilan. 

Tujuan dan Persyaratan

Tujuan SBMPTN sebagai berikut :
1) Menyeleksi calon mahasiswa yang sekiranya mampu menyelesaikan studi di perguruan tinggi negeri dengan baik.
2) Memberi peluang bagi calon mahasiswa untuk memilih lebih dari satu PTN lintas wilayah.

Persyaratan SBMPTN sebagai berikut :
a) Pendaftaran
1) Bagi siswa lulusan tahun 2014 dan 2015 harus sudah memiliki ijazah SMA
2) Bagi siswa lulusan tahun 2016 telah memiliki Surat Keterangan Lulus Pendidikan Menengah, sekurang-kurangnya memiliki informasi jati diri dan foto terbaru yang bersangkutan serta terdapat cap yang sah
3) Memiliki kesehatan yang memadai sehingga tidak mengganggu kelancaran proses pembelajaran di program studinya.

b) Penerimaan
Lulus pendidikan menengah, lulus SBMPTN 2016, sehat jasmani & rohani, serta memenuhi persyaratan lain yang ditentukan oleh PTN penyelanggara SBMPTN 2016.

Pendaftaran  PBT maupun CBT dibuka dari tanggal 25 April 2016 pukul 08.00 WIB hingga tanggal 20 Mei 2016 pukul 22.00 WIB.

Selamat berjuang untuk masa depan sob ! Kita saling mendoakan agar sama-sama diberi kelancaran dan kemudahan olehNya. Amin

Untuk info lebih lanjut kunjungi website resmi SBMPTN 2016 : https://sbmptn.ac.id/



Komentar

Posting Komentar

Artikel Populer

Perawatan Rutin Motor Ninja 150 R/RR/SS (2 tak)

5 Jenis Tembakau Lokal Yang Cocok Untuk Para Lingtingers

Penemuan Wajan Raksasa Kuno di Kutoarjo

Situs Film Terbaru dan Terpercaya Dijamin Valid 100%