Manfaat Wudhu Bagi Kesehatan Tubuh Anda


WUDHU, bagi umat islam wudhu merupakan sesuatu yang selalu dilaksanakan setiap hari. Karena sebelum sholat, kita wajib mensucikan diri kita dari hadas dan najis dengan berwudhu. Berwudhu tidak harus selalu menggunakan air, jika Anda berada disuatu keadaan yang tidak ada air atau Anda sedang sakit dan tidak memungkinkan bersentuhan dengan air, Anda bisa menggunakan debu untuk bersuci.

Banyak para ilmuwan mengatakan bahwa wudhu dapat menstimulasi atau merangsang irama tubuh secara alami. Rangsangan ini mirip dengan pijat refleksi dengan menggunakan air sebagai media penyembuhannya. 

Selain itu, wudhu juga dapat mencegah berbagai macam bibit penyakit. Dalam ilmu kedokteran, kulit berfungsi melindungi tubuh dari kotoran racun, radiasi serta mengatur suhu tubuh.

Tak hanya sebatas itu manfaat wudhu, setiap gerakan juga memiliki manfaat tersendiri bagi kesehatam tubuh.

1. Membasuh Kedua Tangan

Gerakan ini sangat berguna untuk mencegah infeksi pada kuku, yang disebabkan oleh bakteri maupun luka yang ada didalam kuku akibat memotong kuku kurang hati-hati. Air akan berfungsi layaknya kompres dingin, yang juga berfungsi mengurangi nyeri pada kedua tangan.

2. Berkumur

Gerakan ini berguna untuk mencegah penyakit pada gigi dan mulut. Karena saat berkumur, sisa-sisa makanan yang ada disela sela gigi akan ikut terbuang keluar dengan air. Berkumur dengan air bersih juga akan menjaga kelembapan dan kesehatan bibir kita

3. Membasuh Hidung

Memasukan air kedalam hidung sangat berguna untuk membersihkan saluran hidung dari bakteri & kotoran. Jika kita rutin membasuh hidung dapat menjadi penangkal penyakit TBC, Asma, hingga infeksi pada hidung dan tenggorokan.

4. Membasuh Wajah

Pada saat kita membasuh wajah dengan air bersih, banyak sekali manfaat yang kita dapatkan. Membasuh wajah dapat menjaga kelenturan & kesehatan kulit sekitar wajah, menyegarkan wajah, mencegah kulit wajah dari kotoran bahkan infeksi. Membasuh wajah juga akan menghilangkan minyak yang ada disekitar kulit wajah. Oleh karena itu, orang yang suka wudhu kulit wajah terlihat lebih segar & lebih muda.

5. Membasuh Kedua Kaki

Gerakan membasuh kaki berguna untuk mencegah infeksi dan jamur pada kaki. Karena kita tahu, bahwa kaki merupakan bagian tubuh yang paling sering bersentuhan dengan tanah. Membasuh kaki dengan air juga akan membantu menjaga kesehatan otot & syaraf pada kaki. Dengan menjaga kesehatan kulit kaki, tentu kesehatan anggota tubuh yang lain juga akan ikut terjaga.



Komentar

Posting Komentar

Artikel Populer

Perawatan Rutin Motor Ninja 150 R/RR/SS (2 tak)

5 Jenis Tembakau Lokal Yang Cocok Untuk Para Lingtingers

Penemuan Wajan Raksasa Kuno di Kutoarjo

Situs Film Terbaru dan Terpercaya Dijamin Valid 100%