Skill Yang Harus Dimiliki Oleh Seorang Customer Service Berkualitas

  Assalamualaikum wr.wb

Bagi Anda yang ingin bekerja di bidang Customer Service, sangat tepat jika Anda membaca artikel ini  karena di artikel kali ini saya akan membahas hal hal penting yang harus dimiliki seorang Customer Service (CS).




Customer Service (CS) adalah jasa pelayanan terhadap pelanggan bagi suatu bisnis ataupun perusahaan. Customer Service menjadi penghubung utama antara pelanggan dengan perusahaan. Kepuasan pelanggan bergantung pada kinerja seorang Customer Service. Customer Service yang berkualitas tentu akan menjadi kunci sukses suatu bisnis ataupun perusahaan, karena Customer Service adalah orang pertama yang berhadapan langsung dengan pelanggan. Berikut adalah skill dan kemampuan yang harus dimiliki seseorang agar menjadi Customer Service yang berkualitas:

    1. Mental Yang Kuat

    Seorang Customer Service harus memiliki mental yang kuat saat menghadapi keluhan dari pelanggan. Harus memiliki tingkat kesabaran yang tinggi demi kesuksesan bisnis dan perusahaan. Selain itu, Customer Service juga tidak boleh mudah bosan dan jenuh, karena memang pekerjaannya menghadapi keluhan & kritik dari pelanggan yang silih berganti bahkan mungkin beberapa pelanggan komplain untuk masalah yang sama. Disamping harus sabar dan tidak mudah bosan, Customer Service juga harus memberikan solusi terbaik bagi pelanggan.

    2. Ramah, Peduli dan Santun

    Seorang Customer service harus memiliki kepribadian yang ramah dan santun. Kita dipaksa untuk tetap ramah dan santun kepada pelanggan di kondisi apapun. Kita juga harus bisa menunjukkan rasa kepedulian kita terhadap pelanggan dengan memberikan solusi dan saran terbaik bagi mereka. Sikap ramah, peduli & santun akan meningkatkan kepercayaan dan kepuasan pelanggan terhadap perusahaan. Kita harus membiasakan 5S yaitu senyum, sapa, salam, sopan & santun ketika kita berhadapan maupun berkomunikasi dengan pelanggan. 

    3. Memahami Produk Yang Ditawarkan Oleh Perusahaan / Bisnis

    Sebagai Customer Service harus benar benar paham dengan produk atau jasa yang ditawarkan perusahaan kepada orang lain / pelanggan. Harus benar benar tau detail tentang produk atau jasa tersebut. Jadi ketika pelanggan datang untuk menyampaikan komplain dan meminta bantuan, kita bisa menanggapi dengan tenang dan sudah tau solusi apa yang harus kita berikan kepada mereka. Disini kita diharuskan untuk memperkuat ingatan kita dan tidak boleh lupa terhadap jasa / produk yang ditawarkan perusahaan, karena jika kita tidak tahu maka kinerja kita sebagai CS tidak optimal.

    4. Persuasif

    Untuk menempati di bidang Customer Service, kita harus pandai untuk mengajak orang lain agar tertarik bahkan membeli jasa / produk yang kita tawarkan. Skill marketing dan kemampuan berkomunikasi kita sangat dibutuhkan dibagian ini. Selain bertugas menerima keluhan dan memberikan solusi kepada pelanggan, kita juga harus bisa mendapatkan perhatian pelanggan kita agar tertarik dengan jasa / produk yang kita tawarkan. Kita harus melakukan pendekatan kepada orang lain sebelum menawarkan dan kita juga harus pintar memilih perkataan yang bersifat persuasif / membujuk.

    5. Profesionalisme

    Di setiap pekerjaan, kita harus memiliki sikap yang profesional terhadap bidang kita termasuk sebagai Customer Service. Kita harus bisa membagi waktu untuk bekerja, waktu untuk keluarga & waktu untuk bersenang-senang.  Kita juga harus bisa mengkesampingkan masalah pribadi kita, jangan sampai masalah pribadi ataupun masalah keluarga kita terbawa saat kita sedang bekerja, tentu akan menimbulkan permasalahan dan kerugian bagi diri kita sendiri. Misal kita menghadapi pelanggan yang ternyata itu adalah mantan kita yang dulu menyakiti kita, kita tidak bisa menolak semena-semena hanya karena dendam pribadi kita. Karena kita bekerja profesional dan untuk kesuksesan bersama. 

    6. Jujur dan Bertanggung Jawab

    Yang terakhir adalah jujur dan tanggung jawab. Kita sebagai pekerja harus memiliki kejujuran dan rasa tanggung jawab mau sekecil apapun itu. Kita tidak boleh menyepelekan hal sekecil apapun karena bisa berdampak bagi kita sendiri bahkan perusahaan yang kita tempati. Jika kita melakukan kesalahan entah itu disengaja atau tidak, kita harus berusaha jujur dan siap untuk bertanggung jawab. Dan kita juga harus punya komitmen untuk tidak mengulangi kesalahan yang sama. 


Menjadi Customer Service bukanlah hal yang mudah dan dianggap sepele. Di era sekarang, hampir semua perusahaan / bisnis membutuhkan Customer Service yang berkualitas. Jika Anda sudah menguasai 6 hal tersebut, saya yakin jika Anda sungguh-sungguh, Anda akan menjadi Customer Service yang berkualitas dan diminati banyak perusahaan. 

Demikian artikel yang bisa saya sampaikan, banyak salah mohon dimaafkan dan semoga bermanfaat bagi kita semua. Amin.
















Komentar

Posting Komentar

Artikel Populer

Perawatan Rutin Motor Ninja 150 R/RR/SS (2 tak)

10 Brand Lokal Indonesia Terbaik di Tahun 2020

5 Jenis Tembakau Lokal Yang Cocok Untuk Para Lingtingers

Warung Kopi Merapi "Kopmer" Jogja